SMAIT Insan Sejahtera

Ramaikan Bulan Gemar Membaca Melalui Program Kegiatan Literasi SMAIT Insan Sejahtera

September merupakan “Bulan Gemar Membaca” dimana bulan ini terdapat dua peringatan hari penuh makna, yaitu Hari Literasi Internasional yang jatuh pada tanggal 8 September dan Hari Kunjungan Perpustakaan pada Tanggal 14 September. Dua hari yang berkaitan dengan dunia literasi ini memang tidak begitu akrab di telinga masyarakat, karena tidak adanya hari libur atau catatan di Kalender Nasional. Namun, tidak ada bukan berarti tidak tahu bukan?

Hari Literasi Internasional diperingati untuk menyadarkan masyarakat bahwa melek huruf itu sangatlah penting. Menurut National Institute of Literacy, literasi adalah kemampuan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam keluarga, pekerjaan dan masyarakat.

Seseorang yang sudah melek huruf atau dapat membaca maka informasi akan mudah untuk sampai di masyarakat luas. informasi yang berkembang dapat dengan mudah dicari, terlebih dengan adanya perkembangan Teknologi Informasi dan digitalisasi kini mengakses informasi sangat mudah. namun tidak bisa dipungkiri juga bahwa, bentuk informasi lama, seperti buku masih banyak peminatnya.

Begitupun dengan SMAIT Insan Sejahtera berupaya untuk menyadarkan siswa/i SMAIT Insan Sejahtera dengan cara menumbuhkan minat baca dan dan kecintaan siswa terhadap buku. Sehingga dibuatlah Program kegiatan Literasi yang diadakan pada setiap hari Rabu. Menurut Ibu Lestari (guru Bahasa Indonesia), kegiatan ini menggunakan sistem halaqah (kelompok) dengan satu orang mentor (pendamping). Proses kegiatan literasi sebagai berikut:

  1. Setiap kelompok memilih satu orang ketua didampingi mentor
  2. Ketua kelompok memilih satu buku yang telah disediakan
  3. Setiap pertemuan literasi, para peserta wajib membuat catatan literasi ‘satu buku kosong yang wajib dibawa pada saat kegitaan literasi berlangsung’ yang berisi data buku, isi bacaan, dan hal lainnya yang berhubungan dengan karya yang dipilih
  4. Satu buku novel harus sudah selesai dibaca dalam tiga bulan
  5. Setelah buku selesai dibaca, hasil bacaannya akan dibagikan pada kelompok lain (dengan metode zigsaw) dan wajib dituliskan resensinya oleh peserta literasi yang lain
  6. Catatan literasi akan diperiksa dan ditandatangani mentor setiap pertemuan.

“Sebenarnya kegiatan Literasi ini tuh udah ada di tahun lalu, nah tahun ini di agendakan kembali di hari Rabu tiap minggu nya. Untuk sekarang memang lebih di matangkan lagi konsep kegiatan pembiasaan Literasi siswa/i yang dimentori oleh guru-guru. Diharapkan dengan adanya kegiatan pembiasaan ini dapat menumbuhkan minat baca dan kecintaan terhadap buku dikalangan siswa/i SMAIT Insan Sejahtera, ” kata Ibu Lestari.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *