SMAIT Insan Sejahtera

FunFact Amethyst Crystal : Batu Amethyst di Museum Geologi Bandung

Nisrina Nurussyahidah XI IPA 1

Batu Amethyst ini banyak digunakan sebagai perhiasan yang digunakan oleh raja dan ratu di masa lampau, karena warna ungu merupakan warna yang digunakan oleh para penguasa.

Menurut Metologi Yunani, Baccus – Dewa Anggur memiliki dendam kepada Diana dan menyatakan bahwa orang pertama yang ia temui di perjalanan akan dimakan oleh harimau miliknya. Akan tetapi, orang yang ia temui adalah seorang gadis cantik bernama Amethyst yang sedang dalam perjalanan menuju Kuil Diana. Ketika diserang, Amethyst memnaggil Diana untuk menolongya. Diana kemudian mengubah Amethyst menjadi batu putih bersih dan berkilau. Menyadari kesalahannya, Baccus menuangkan anggur pada batu tersebut sehingga berubah menjadi berwarna ungu.

Selain itu juga, Batu Amethyst disebut juga sebagai batu kelahiran bulan Februari, kenapa ya? ternyata, 12 lambang zodiak adalah interpretasi astrologi dari batu kelahiran yang selaras dengan jumlah dua belas bulan dalam setahun. Batu Amethyst dianggap sebagai batu kelahiran untuk semua Aquarius, yaitu mereka yang lahir antara tanggal 20 Januari – 18 Februari.

Batu Kecubung termasuk dalam keluarga Quartz dan memiliki berbagai nuansa warna dari ungu hingga kebiruan. Dipercaya memiliki sifat yang membawa stabilitas, perdamaian, keseimbangan, keberanian, kekuatan internal, ketulusan, dan ketenangan.

Khasiat batu Amethyst diantaranya : (1) Untuk kesehatan tubuh, seperti meningkatkan sistem imun, meningkatkan fungsi endokrin, dan mengatur kadar hormon; (2) Untuk mental dan emosional, seperti mengurangi kecemasan dan menahan rasa sakit; (3) Detoksifikasi Tubuh seperti membersihkan darah dan menghilangkan racun di tubuh; (4) Pikiran Lebih Fokus, karena dapat mempertajam daya ingat; dan (5) menyeimbangkan metabolisme tubuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *